Multi-Colored Light Pointer Bobblehead Bunny Widia Suciati: PENGERTIAN DAN FUNGSI PRINTER

Senin, 25 Maret 2013

PENGERTIAN DAN FUNGSI PRINTER

Printer  di ambil dari dua suku kata bahasa inggris "Print dan Er". Print dari kata kerja yang artinya Cetak, Sedangkan Er kata ganti orang maupun benda. Printer jika diartikan secara luas berarti Pencetak atau alat cetak, baik itu alat cetak gambar, cetak Spanduk, Cetak Plat dan sebagainya.


"Arti Printer lebih spesifik menurut ilmu komputer berarti alat untuk mencetak  hasil kerja digital berupa file gambar dan  tulisan. Printer pada umumnya terhubung dengan komputer maupun laptop untuk dapat bisa menghasilkan suatu pekerjaan cetak. Printer bekerja melalui perintah yang terprogram pada komputer atau laptop melalui perintah manusia sebagai yang menjalankan program."


Printer bisa menghasilkan pekerjaan dengan cara Automatic Program dan manual Program. Contoh Automatic Program bisa dilihat pada mesin cetak Foto Copy yang telah ditanamkan Chip otomatis. manusia hanya menjalankan perintah melalui tombol yang telah terpasang dan terprogram. Contoh Manual Program, Saat kita menjalankan perintah prin dengan menggunakan perangkat lain seperti laptop. Printer hanya bisa bekerja ketika kita menjalankan perintah menggunakan perangkat lain.

Pada umumnya cara kerja printer sangat sederhana, dan itu cukup mudah dilakukan meskipun seorang pemula.  Printer memiliki bagian-bagian penting di antaranya

1. Motherboard/ Board
Motherboard/Board Printer pada umumnya
Motherboard pada printer

Board Printer tidak sama dengan Motherboard komputer dan motherboard laptop. baik dari segi ukuran maupun fungsi memikiki perbedaan. Board printer tertanam berbagai chip-chip pemrograman yang telah diset otomatis menggunakan software khusus. [Dalam Motherboard komputer disebut Bios].

Chip yang menempel pada board yang telah di set berfungsi menjalankan perintah manual yang terhubung melalui perangkat komputer maupun laptop yang telah terinstal oleh software.

2. Cartridge


cartridge Printer
Cartridge printer

Cartridge kalau ibarat manusia sebagai otaknya. Jika Otak nya tumpul juga menghasilkan kurang bagus, jika otaknya encer mengerjakan soal ujian hasilnya pun bagus. Begitu juga dengan Cartridge, Jika Cartridge  yang di pake untuk print sudah aus, maka hasil yang didapatkan dari printer tersebut juga tidak sempurna. 

Untuk menghasilkan Kualitas Print yang bagus juga dibutuhkan tinta yang berkualitas, dalam hal ini telah memenuhi standar kualitas cetak. banyak Jenis printer yang memiliki kualitas cetak yang bagus seperti Jetprint, BluePrint, DataPrint, Super Ink, dan tentu masih banyak lagi.

3. Rumah Catridge
rumah cartridge
rumah cartride pada canon ip 2770

Seperti halnya Processor yang terpasang pada socetnya, Cartridge juga demikian. Cartridge terpasang pada rumah cartridge didalam printer case. Cara instalasi cartridge pada rumah printer sangat mudah sekali.

4. Head Print
head cartridge
Head Print/ lokasi keluarnya tinta

Head Print merupakas bagian penting dalam cartride yang fungsinya sebagai tempat keluarnya tinta, baik tinta hitam maupun warna. 

5. Chip Board

Chip ini berfungsi menghubungkan antara cartridge dengan Board/Motherboard. Umumnya penghubung pada printer menggunakan kabel flexible dan tidak mudah patah oleh pergeseran Pada Cartridge.

6. Roll Pint
Rol tersusun secara mekanik yang berisi gear/gir sebagai pemutar yang mengeluarkan hasil print/ kertas. Pada printer standard roll tersusun dari satu buah gulungan karet besar yang berfungsi mengeluarkan kertas.

7. Adaptor
Sama halnya dengan perangkat laptop, Printer juga memiliki adaptor yang mensuplai arus listrik dari tegangan AC ke tegangan DC.  Biasnya tegangan adaptor printer menggunakan 220V dengan output Voltase 12V.

8. Case Print
Case Print atau casing,  Secara umum berfungsi segabai rumah print.  Case standard biasanya terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah pecah. Pada umumnya merk dagang yang dipasarkan seperti Canon, Hp, Samsung, Epson menggunakan bahan dasar yang sama. Yang membedakan hanya warna dan model dari masing-masing merk

9. Cable
Kabel/ penghubung arus ke adaptor

Seperti alat elektronik lainya, kabel sebagai penghantar arus ke adaptor. Cabel standard biasanya berukuran kecil dengan panjang rata-rata 1,5 meter.

Beberapa Produk Printer yang populer dijual saat ini:
1. Canon
Canon printer
canon logo image

Printer canon merupakan printer yang paling populer dijual dipasaran. Dibandingkan dengan Merk Printer lainya, Canon mendominasi penjualan di pasar domestik/Pasar dalam negeri
Asal Negara dari Jepang Tokyo, Canon Inc berdiri sejak tahun 1933 dengan nama Seiki-kougaku-kenkyuujo atau dalam bahasa Indonesia "Laboratorium Peralatan Optik Presisi"
[note]

2. Epson
Epson printer
epson logo image

Nama lain dari atau Epson adalah Epson Corporation. Disamping Printer, Epson Corporate juga memproduksi alat-alat elektronik multifungsi lainya. Epson termasuk salah satu produk yang mampu menembus pasar dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1942 bertempat di Suwa, Nagano, Jepang.

3. Samsung
Samsung Printer
Samsung Logo Image

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar Dunia. Awal berdirinya Samsung 1 Maret 1938 di Daegu, Korea. Saat ini produk yang paling popular dan menjadi Top Produk adalah SmartPhone, atau lebih populer Samsung Galaxy. 


Apa itu Printer Komputer?

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.

Fungsi Printer Komputer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar